Akademik | PSPP Penerbangan

AKADEMIK

  1. KETENTUAN UMUM
  2. Sistem Kegiatan Belajar Mengajar pada program pendidikan menggunakan sistem jumlah sesi pada tiap mata kuliah.
  3. Per satu (1) sesi pertemuan tatap muka adalah 90 menit.
  4. Penyelenggaraan pendidikan dengan sistem jumlah sesi
  5. Mata Kuliah secara garis besar dikelompokkan dalam kelompok mata kuliah Umum, Prodi/Skill dan praktek
  6. Pelaksanaan proses KBM dari permulaan sampai dengan akhir perkuliahan harus mengacu pada kalender akademik.
  7. Masa studi Siswa program pendidikan untuk Prodi Pramugari, Staff Penerbangan dan Avsec adalah 4 bulan pendidikan di kelas dan 2 bulan On the Job Training (OJT) di bandara.
  8. Kegiatan Pra Kuliah (KPK) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa sebelum kuliah perdana aktif yang wajib diikuti oleh Siswa baru.
  9. Rangkaian Kegiatan Pra Kuliah (KPK) :
  10. Penyerahan berkas/syarat-syarat yang tertera di Surat Keputusan Hasil Seleksi
  11. Pantauwal (ukur ulang tinggi badan sesuai kriteria PRODI)
  12. Medec untuk Prodi Pramgari dan Avsec
  13. Pembagian fasilitas perlengkapan siswa.
  14. Pelaksanaan kegiatan Make Over dan Sesi foto.
  15. Kegiatan finger print.
  16. Outbond dan Pengenalan Kampus

Setiap Siswa wajib mengikuti kegiatan kuliah dan kegiatan terjadwal minimal 80% serta praktek 100% dari Mata Kuliah/kegiatan yang dilaksanakan.

Dalam kegiatan perkuliahan dibagi menjadi dua (2) kriteria kelas pelakasanaan :

  1. Kelas Reguler

Kelas reguler adalah Program kelas pembelajaran untuk siswa dengan mata kuliah serta waktu/jam perkuliahannya telah ditentukan sesuai standar kurikulum yang berlaku.

Kelas Khusus adalah program kelas yang DIJAMIN KERJA*) KHUSUS PRODI STAFF PENERBANGAN. Syarat dan ketentuan mengikuti kelas Khusus ditentukan langsung oleh Tim Kantor Pusat.

*)Syarat Dan Ketentuan Berlaku

Adalah bagian dari sistem pendidikan dan merupakan sarana untuk evaluasi kemajuan dan kemampuan siswa menyerap ilmu pengetahuan yang dinyatakan dengan indeks angka. Ujian diselenggarakan dengan 2 macam dan fungsi :

  1. Ujian Materi (Mata Kuliah)

Adalah ujian dengan bentuk soal essay yang diadakan oleh Instruktur dan dilaksanakan oleh siswa setelah jumlah seluruh sesi pada tiap mata kuliah selesai disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil evaluasi tersebut dinilai berdasarkan keputusan penilaian Instruktur dan diterjemahkan kedalam Transkrip Nilai

Sistem Penilaian yang dilakukan oleh Instruktur mengacu pada rumusan penilaian sebagai berikut :

Nilai Mata Kuliah = Jumlah Kehadiran + Keaktifan dikelas + Nilai Ujian Materi

Prosentase dalam penilaian sebagai berikut :

Jumlah Kehadiran      = 20%

Keaktifan dikelas        = 40%

Nilai Ujian materi      = 40%

Syarat untuk dapat mengikuti kegiatan Ujian Mata kuliah adalah minimal daftar kehadiran kelas 80% dari total sesi yang ditentukan

Ujian Online Akademik adalah ujian dengan bentuk soal pilihan ganda yang diadakan oleh PSPP secara online dan dilaksanakan oleh semua siswa Program Pendidikan setiap tanggal 15 pada tiap bulannya/ mengacu pada Kalender Akademik.

  1. Fungsi/Tujuan :
  2. Evaluasi hasil belajar siswa selama 1 bulan.
  3. Menentukan peringkat hasil belajar selama 1 bulan dan berlaku komulatif.
  4. Komulatif adalah Total rata-rata nilai Ujian Online Akademik yang telah dilakukan oleh siswa dari permulaan sampai dengan ujian online terakhir.
  5. Menentukan Peringkat siswa sebagai salah satu bahan acuan penentuan Slot OJT/PKL
  6. Syarat

Syarat untuk dapat mengikuti kegiatan Ujian Online Akademik adalah :

  1. Tervalidasi Lunas angsuran biaya pendidikan sesuai ketentuan pada bulan dilaksanakan ujian online.
  2. Minimal daftar kehadiran kelas 80%.
  3. Pelaksanaan :
  4. Siswa yang tervalidasi lunas biaya angsuran pada bulan diadakannya ujian online Akademik diberikan password dan username oleh Bagian Teknologi Informasi (TI).
  5. Hasil dari ujian online Akademik pada tiap tahapannya akan diumumkan ke siswa.
  6. Aturan dan ketentuan:
  7. Siswa yang tidak mengikuti ujian online Akademik karena alasan tertentu, tetap bisa melakukan ujian online Akademik susulan dengan mengajukan Ujian Online Susulan ke Pimpinan Cabang.
  8. Peserta Ujian Online Akademik Susulan akan diberikan pengurangan Skor/Nilai sebagai berikut:
  9. Dikurangi 1 point nilai dengan alasan disertai sakit Surat Izin yang disampaikan ke Bagian Proses Pendidikan.
  10. Dikurangi 3 point nilai dengan alasan lain disertai surat izin yang disampaikan ke Bagian Proses Pendidikan.
  11. Dikurangi 5 point bagi Siswa yang tidak hadir tanpa keterangan Surat Izin.
  • AVSEC AWARENESS DAN DG AWARENESS

Aviation Security Awareness dan Dangerous Good Awareness adalah kegiatan Pelatihan dan Pendidikan (Diklat)  untuk Siswa semua Prodi yang diselenggarakan oleh PSPP Penerbangan dan sudah mendapat persetujuan dari Direktur Jendral Perhubungan Udara. Siswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut, akan mendapatkan sertifikat AVSEC Awareness dan Dangerous Good Awareness dari PSPP Penerbangan. Sertifikat tersebut digunakan sebagai syarat utama dapat mengikuti OJT.

  • PRAKTEK TERBANG DAN STUDI WISATA

Praktek Terbang dan Studi Wisata adalah kegiatan kuliah praktek pengenalan tentang wawasan kebandar-udaraan domestik maupun internasional dengan tujuan menambah wawasan serta pengalaman Siswa dalam menghadapi dunia kerja dimasa mendatang. Kegiatan ini adalah salah satu program unggulan PSPP Penerbangan yang diselenggarakan hanya satu kali saja pada tiap angkatan Pendidikan dan diikuti oleh seluruh peserta dari semua prodi PSPP. Semua peserta yang mengikuti kuliah praktek ini akan mendapat sertifikat dari PSPP.

Ketentuan

Ketentuan mengikuti Praktek Terbang dan Studi wisata:

  1. Tervalidasi Lunas biaya angsuran pendidikan sesuai dengan ketentuan.
  2. Membuat Surat Pernyataan Siap Mengikuti Kegiatan Kuliah Praktek Terbang dan Studi Tour.
  3. Waktu pelaksanaannya menyesuaikan ketetapan dari Tim Kantor Pusat.
  4. Siswa yang tidak dapat mengikuti Praktek Terbang dan Studi Wisata dengan alasan apapun maka, haknya dianggap hilang (hangus).
  5. Biaya Praktek Terbang dan Studi Wisata tidak dapat diuangkan/ diganti dengan kegiatan lainnya.

Kegiatan kuliah praktek bagi Prodi Pramugari yang bertujuan untuk memberikan bekal tentang etiket makan, perjamuan serta tata cara menggunakan alat makan dengan baik dan benar.

Ketentuan :

  1. Tervalidasi Lunas Biaya Angsuran Pendidikan sesuai dengan ketentuan.
  2. Membuat Surat Pernyataan Siap Mengikuti Kegiatan Kuliah Praktek Table Manner.
  3. Waktu pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut oleh Bagian Proses Pendidikan dan Pimpinan Cabang.

Kegiatan kuliah praktek Prodi Pramugari yang mengajarkan tentang teknik dasar berenang dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Waktu pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut oleh Bagian Proses Pendidikan dan Pimpinan Cabang.

Adalah Kegiatan kuliah praktek prodi AVSEC dengan istilah lain adalah tes jasmani dan kesehatan yang bertujuan untuk siswa dapat memiliki kemampuan fisik yang sehat sehingga akan memperlancar dalam proses pendidikan dan siap mengahdapai dunia kerja di bidang keamanan bandara. Waktu pelaksanaannya akan diatur sesuai jadwal Bagian Proses Pendidikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *